Selasa, 08 September 2009

Profil Madin Mambaul Huda

A. Latar Belakang

Implikasi dari Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat (School Based Education Management-biasa disebut MBS) besar bagi sebuah madrasah dan masyarakat yang peduli dan punya perhatian terhadap pelaksanaan pendidikan. Berapa implikasi dari MBS antara lain: (a) tanggung jawab utama pendidikan adalah masyarakat; (b) mewujudkan keinginan dan harapan masyarakat pada pendidikan; (c) keterlibatan masyarakat dalam proses pendidikan; dan memenfaatkan sumber daya masyarakat untuk kepentingan pendidikan.

Keberadaan MBS tersebut secara sadar direspon oleh Madrasah Mambaul Huda Ngunut Babadan Ponorogo. Kesadaran tersebut yaitu bahwa, pendidikan memerlukan integrasi sumber belajar yang direncanakan (by design) dengan sumber daya lingkungan yang dimanfaatkan (by utilization) untuk mencapai tujuan pendidikan yang berwujud hasil belajar. Bahwa santri sebagai sebuah input pendidikan memerlukan manajemen madarasah sebagai suatu proses untuk menghasilkan output pendidikan yang cerdas secara spiritual, akal, sosial, perasaan dan jasmani. Disamping itu proses pendidikan tidak bisa mengabaikan sumber daya lingkungan sebagai sumber belajar (by utilization). Selain itu input (santri) juga merupakan bagian integral pendidikan yang mau tidak mau harus diketahui latar belakang, latar belakang sosial ekonomi dan latar belakang afektif santri untuk keperluan proses pembelajaran.


B. Deskripsi Madrasah Mambaul Huda


Madrasah berada dibawah naungan Pondok Pesantren Subulus Salam yang berdiri sejak tahun 1984. Dan wujud dari keseriusannya dalam masalah pendidikan agama khusunya pembelajaran kitab kuning dan permintaan masyarakat akan orang-orang yang ahli dalam bidang agama maka lahirlah madrasah Mambaul Huda.

Madrasah Mambaul Huda terletak di Desa Ngunut Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo Propinsi Jawa Timur Indonesia. Masyarakat penduduk Desa Ngunut hidup dari bertani, berdagang, berwiraswasta dan lain sebagainya. Untuk pertanian tanaman utamanya adalah padi dan palawija serta beberapa jenis buah-buahan. Kondisi sosial ekonomi masyarakat masih sederhana. Pola kehidupannya masih tampak tradisional, ini dapat dilihat (misalnya) dari sikap gotong royong masyarakat yang masih dijunjung tinggi.


C. Fasilitas Yang Dimiliki Madrasah Mambaul Huda Secara Umum


Kondisi dan fasilitas Madrasah Mambaul Huda tidak bisa dilepaskan dengan keberadaan Pesantren yang merupakan bagian integral didalamnya

Gedung madrasah diperuntukkan untuk kegiatan pendidikan diniyah. Di samping itu untuk pendidikan pesantren juga diadakan ruangan-ruangan (kelas) atau mushola asrama pesantren yang berjumlah 5 buah ruang.

a) Bangunan Gedung Madrasah Mambaul Huda

Bangunan gedung Madrasah Mambaul Huda secara umum dalam kondisi baik, namun fasilitas yang tersedia sangat minim. Seperti keterbatasan meja dan kursi yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Sehingga sebagian santri belajar dengan beralaskan tikar. Namun demikian, pembenahan terus dilakukan. Pembenahan meliputi penataan ruang dan pembangunan sarana fisik kelas dan pengadaan peralatan belajar mengajar. Selain itu pembenahan juga meliputi beberapa penghijauan disekitar madrasah.

b) Fasilitas Penunjang

Sarana lain yang terdapat di Madrasah Mambaul Huda adalah fasilitas pendidikan yang menunjang kegiatan belajar mengajar, baik dalam sistem pendidikan pesantren maupun pendidikan formal. Fasilitas itu antara lain; lapangan bola volly, Selain itu kegiatan ekstrakurikuler santri juga beragam, yaitu antara lain; komputer, kursus elektronik, dan kursus menjahit.


D. Daftar Nama Pengurus dan Tenaga Pengajar

1. Pelindung : Pengasuh Pondok Pesantren Subulus Salam

2. Penasihat : Kyai Muh. Kholil

Kyai Drs. Muh. Ali Ilyas

Kyai Drs. Syamsul Anam

Ustadz Muklas, SH.I

3. Roisul Madrasah : Ustadz Muhammad Trihan, S.Pd.I

4. Sekretaris : Ustadz Ashbar Anam

5. Bendahara : Ustadz Syamsul Musthofa

6. Kaur. Pendidikan : Ustadz Agus Maher Khoiri al-Fata, S.Pd.I

7. Kaur. Kesantrian : Ustadz Puput Darmawan

8. Kaur Humas : Ustadz Indah Puspita

9. Dewan Asatidz : Kyai Drs. Syamsul Anam

Kyai Muh. Kholil

Kyai Drs. Muh. Ali Ilyas

Kyai Khoirul Huda

Ustadz Nahrowi

Ustadz Muklas, SH.I

Ustadzah Hj. Wafiroh

Ustadzah Indah Puspita

Ustadz Puput Darmawan

Ustadz Syamsul Musthofa

Ustadz Agus Maher Khoiri

Ustadz Muhammad Trihan, S.Pd.I

Ustadz Ashbar Anam

Ustadz Nasichudin, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar